Untuk kamu yang akan menggunakan layanan transportasi kereta api simak beberapa poin dibawah ini untuk memperkaya khasanah pengetahuanmu, terlebih apabila kamu baru pertama kali menggunakan jasa transportasi masal yang satu ini. Untuk kamu yang sudah pernah naik kereta api tidak ada salahnya juga membaca hingga akhir siapa tahu ada info yang selama ini kamu belum mengetahuinya. Wow! tampaknya kamu sudah mulai penasaran atau cuma perasaan saya saja, langsung saja simak tipsnya, semoga bermanfaat.

1. Pastikan Kamu Punya Tujuan

Hal ini penting dan harus diputuskan sebelum kamu naik kereta api yatu dari mana dan mau kemana. Ibarat sedang mengikuti lomba maraton pastinya ada garis start dan finish. Tapi hal ini tidak berlaku untuk kamu yang memiliki hobi naik kereta, karena ada beberapa orang diluar sana yang dengan penuh kesadaran tidak dalam pengaruh obat-obatan apapun, sengaja naik kereta hanya untuk menikmati perjalanan menggunakan mode transportasi ini, karena saya punya teman yang memiliki hobi demikian. Seperti halnya lagu "Naik kereta api tuutt...tutt...tuttttt... Siapa hendak turut... ke Bandung - Surabaya... Bolehlah Naik Dengan Percuma ". Sungguh lagu yang menginspirasi para railfans (sebutan penggemar kereta api).

2. Pastikan Tanggal Keberangkatan 

Apabila sudah menentukan kota tujuan, hal lain yang tak kalah penting yaitu tanggal keberangkatan kamu. Pastikan kamu tidak lupa memperhitungkan waktu yang tepat saat hendak naik kereta, antara lain tanggal, waktu keberangkatan, hingga pukul berapa kamu tiba di stasiun tujuan. Atau agar lebih mendetail, pastikan kamu tidak sedang dalam jam aktif sekolah atau kerja misalnya. Kita semua tidak ingin kamu mendapat masalah lantaran semua temanmu sedang bersekolah atau kerja, kamu malah asyik naik kereta.

3. Pesan Tiket Jauh Hari

Perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat, kini kamu dapat dengan mudah membeli tiket kereta api secara online melalui situs resmi maupun website pihak ketiga lainnya. Karena dahulu kala, untuk membeli tiket kereta kalian harus membelinya melalui loket distasiun terdekat. Ada tips ketika membeli tiket yaitu saranku kamu pilih waktu keberangkatan pagi, karena suasana stasiun waktu pagi hari itu bagus "aesthetic" menurutku. Karena belum banyak orang yang hilir mudik memadati area stasiun. Selanjutnya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela, agar kamu bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.

4. Menuju Stasiun

Kini saatnya kamu berangkat menuju stasiun, berangkatlah lebih awal agar tidak ketinggalan kereta atau menghindari macet dijalan raya misalnya. Pilihlan mode transportasi yang mudah kamu temui untuk akses menuju ke stasiun terdekat. Untuk kamu pengguna kendaraan pribadi jangan khawatir karena ada jasa penitipan kendaraan bermotor di areal stasiun. Untuk kamu pengguna mode transportasi umum, kamu bisa menggunakan ojek, angkot, atau taksi misalnya.

5. Boarding

Sudah tiba distasiun keberangkatan, kini saatnya kamu melakukan proses boarding. Pertama siapkan tiket yang sudah dicetak, kalau kamu membeli tiket secara online kamu bisa mencetak tiket dengan gratis ditempat yang telah disediakan PT. Kereta Api Indonesia. Selanjutnya siapkankartu identitas asli berupa KTP atau Kartu Pelajar dimana memiliki nama atau nomor identitas yang sesuai dengan identitas yang ada ditiket kereta kamu. Hal ini dibutuhkan petugas untuk memudahkan petugas mencocokan nama yang tertera ditiket dengan penumpang adalah orang yang sama. Selanjutnya kamu akan dipersilahkan menunggu di Peron yang sudah disediakan untuk keberangkatanmu.

Karena ini untuk menyamakan nama yang tertera pada tiket dengan orang yang akan berangkat itu sama

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Boarding di Stasiun Kereta Api", https://travel.kompas.com/read/2019/11/24/090000127/cara-boarding-di-stasiun-kereta-api?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Kahfi Dirga Cahya
Karena ini untuk menyamakan nama yang tertera pada tiket dengan orang yang akan berangkat itu sama

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Boarding di Stasiun Kereta Api", https://travel.kompas.com/read/2019/11/24/090000127/cara-boarding-di-stasiun-kereta-api?page=all.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

6. Naik Kereta

Whola, keretamu telah tiba, kini saatnya menuju kereta. Sebelumnya tolong pastikan keretamu benar-benar dalam keadaan berhenti. Jangan pernah mencoba masuk kereta saat sedang melaju kencang. Kemudian perhatikan roda kereta yang akan kalian naiki terbuat dari besi, karena apabila roda tersebut terbuat dari karet sepertinya kamu sedang berada di terminal bukan stasiun. Selanjutnya cermati nama kereta apakah sesuai dengan nama kereta yang tertera ditiketmu. Apabila kamu mendapati tulisan Argo meter tolong segera sadar karena kamu masih didalam taksi. Pastikan kamu naik kereta dengan benar ya, terserah mau kaki kanan atau kiri dahulu aku gak mau ngekang. Selanjutnya menuju gerbong dan nomor kursi sesuai tiket kamu.

7. Tips Didalam Kereta 

Beberapa hal yang perlu kamu tahu, saat berada didalam kereta kamu dilarang untuk merokok apalagi membuat sate. Didalam kereta ada colokan listrik loh keren kan? ada AC juga kok. Untuk kamu yang ingin kekamar kecil, didalam kereta telah tersedia fasilitas toilet. Jadi kamu tidak perlu menahan buang air. Untuk kamu yang naik kelas bisnis kamu bisa mengatur sandaran kursi sesuai dengan kenyamananmu. Untuk kelas luxury jangan ditanya karena kursinya bisa buat tidur selonjoran sampe bisa muter. Untuk kamu yang naik kelas ekonomi mohon maaf karena kursinya belum adjustable jadi ya tegak 90 derajat. Tolong pihak KAI kalau baca ini kursinya dikasih sandaran untuk tangan dibagian tengah dong. Kasian temen saya kalau tidur dikereta ekonomi nyender dipundak penumang sebelah, padahal ga kenal loh. Dia yang ketiduran saya yang malu pak/buk tolong. Terakhir dari saya jangan sampai lupa. Tolong jangan lompat keluar saat kereta sedang melaju. Bahaya ih!

8. Pembatalan Tiket

Untuk kamu yang ternyata berhalangan atau ingin membatalkan keberangkatan kamu bisa mendatangi loket untuk melakukan refund. Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengembalian dana. Maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kamu masih bisa mengajukan pengembalian biaya tiket, selebihnya? hangus. Akan ada potongan sebesar 25% dari harga tiket. Jadi kamu menerima 75% nya waw aku jago sekali matematika.

Selamat menikmati perjalanan menggunakan kereta api.